Arsip Blog

Senin, 21 Januari 2008

SENI SEBAGAI LAKU

Ramatyan Sarjono mungkin bukan siapa - siapa, karena hanya orang yang senang akan kesenian. baik sebagai penikmat ataupun sebagai pelaku. Basic keseniannya adalah teater; tapi sebenarnya lebih cenderung pada konsep kesenian yang njawani. artinya "sukma" berkeseniannya adalah kesenian jawa.
Saat ini Ramatyan sarjono sedang berusaha menjadi seorang PELAKU SENI. Dimana saat ini menurutnya ada tiga golongan seniman dalam melakukan aktivitas berkeseniannya berdasarkan motivasi awal. Ketiganya itu adalah PEKERJA SENI, PEGIAT SENI DAN PELAKU SENI. Pekerja seni adalah seniman yang melakukan aktivitas kesenian dalam rangka BEKERJA, artinya untuk mendapatkan penghasilan. Dalang, Sinden, Penyanyi Dangdut, dsb termasuk dalam golongan ini.
Pegiat seni adalah seniman yang berkesenian hanya sebagai sebuah kegiatan disamping kegiatan yang lain; khususnya kegiatan yang bernilai ekonomis (bekerja). PNS, Karyawan, Guru, Buruh, dsb yang juga berkesenian termasuk dalam golongan ini.
Sedangkan Pelaku seni adalah mereka yang menempatkan kesenian sebagai upaya LAKU. dimana laku dalam konsep jawa adalah sebuah upaya untuk berjalan dalam jalan Tuhan yang akan membawa kembali kepada-Nya. Siapa yang mau masuk dalam golongan ini ?
Sebenarnya dari obrolan dengan seniman - seniman lain, ada satu golongan lagi, yaitu PENJAHAT SENI. Nah, apa lagi yang satu ini ? siapa mau mendefinisikan ??? Tak tunggu !!!

Tidak ada komentar: